iklan

Jenis Jenis Tanaman Di Indonesia

      Flora atau tmbuh – tumbuhan di indonesia mempunyai keanekaragaram yang bermacam – macam sebab indonesia sendiri dibagi menjadi beberapa wilayah atau pulau.pada kesempatan kalini aku akan membahas beberapa jenis Flora atau tmbuh – tumbuhan yang ada di indonesia.Berikut ulasan jenis - jenis tumbuhan di indonesia :

1. Bunga Bangkai
  Bunga bangkai atau suweg (dalam bahasa lokal untuk jenis vegetatif) dengan bahasa latin Amorphophallus titanum Becc. Merupakan tumbuhan dari jenis tals-talasan endemik dari sumatra, yang dikenal dengan bunga beragam terbesar. Dinamakan bunga bangkai sebab bunag ini mengeluarkan aroma amis busuk, aroma bau tersebut sebenarkan dipakai untuk menarik serangga kumbang atau lalat untuk menyerbuki bunganya.
Tumbuhan ini mempunyai dua fase kehidupannya yang muncul secara bergantian, yaitu fase vegetatif dan fase generatif. pada fase vegetatif muncul daun dan batang semu, Selang beberapa waktu (tahun) organ vegetatifnya akan layu dan umbinya dorman. Dan apabila cadangan kuliner diumbi mencukupi dan lingkungannya mendukung maka bung amajemuknya akan muncul. Namun jikalau cadangan makanannya kurang maka akan muncul kembali daun.

2. Kantong Semar
Kantong semar merupakan tumbuhan yang unik sebab memangsa banyak sekali serangga didekatnya yang dalam bahasa latinnya Nepenthes yang termasuk dalam familia monotipik, terdiri dari 130 spesies. Habitat dengan spesies terbanyak beradah di puau Borneo dan Sumatera.
Ada umumnya Nepenthes mempunyai tiga macam bentuk kantong, yaitu kantong atas, kantong bawah dan kantong roset. Kantong atas ialah kantong dari tumbuhan dewasa, kantong atas sering dipakai untuk menagkap binatang yang trbang menyerupai lalat atau nyamuk. Kantong bawah merupakan kantong yang dihasilakn pada cuilan tumbuhan muda yang biasa tergeletak diatas tanah, dan mempunyai dua sayap yang digunakn untuk membantu bagi serangga tanah atau semut untuk memanjat lisan kantong dan kesannya tercebur kedalam cairan enzim di dalamnya. sedangkan kantong roset tumbuh pada daun yang berbentuk roset. Namun terkadang beberapa jenisnya mengeluarkan kantong tengah yang berbentuk menyerupai adonan kantong bawah dan kantong atas.
Tanaman ini mempunyai penyebaran yang sangat luas dari pinggir pantai hingga dataran tinggi, sebab inilah nepenthes dibagi dalam dua jenis yaitu jenis dataran tinggi dan jenis dataran rendah, walau kebanyakan spesies tumbuh di dataran tinggi.

3. Melati
Melati termasuk dalam genus dari semak dan tumbuhan merambat dalam keluarga zaitun (Oleaceae). Melati merupakan tumbuhan bunga hias berupa perdu berbatang tegak yang sanggup hidup menahun. Merupakan spesies melati yang beasal dari asia selatan. Penyebarannya dimulai dari hindustan ke Indocina kemudian kepulauan Melayu. Bunga ini salah satu bunga nasiona Indonesia (puspa bangsa) selain Padma raksasa (Raflesia Arnoldii) dan anggrek bulan. Bunga melati pula menjadi bunga anasional Filipina.
Terdiri dari 200 spesies tumbuhan orisinil tempat beriklim tropis dan hangat dari Eurasia. australasia dan Oseania. Tetapi hanya ada sekita 8 hingga 9 spesies saja yang dibudidayakan, sedangkan lainnya tumbuh liar dihutan sebab belum ditemukan potensi ekonomi dan soaialnya.
Di Indonesa bunga melati melambangkan kesucian dan kemurnian, serta dikaitkan dengan banyak sekali tradisi dari banyak suku di Indonesia. Bunga melati menjadi keharusan hiasan rambut pengantin dlam upara perkawianan beberapa moral di Indonesia. Sebutan untuk tumbuhan ini berbeda-beda di setiap tempat di Indonesia, antara lain: Menuh (Bali), Meulu atau Riwat (Aceh), Menyuru (BAnda), Melur (Gayo dan Batak karo), Menduru (Manado), Mundu (Bima dan Sumbawa), Manyora (Timor), Melati salam (UMI), Malete (Madura) dan Beruq-beruq (Mandar).

4. Anggrek
Bunga anggrek mempunyai nama latin Orchidaceae, yang merupakan salah satu jenis bunga dengan spesies terbanyak di Indonesia. Habitat bunga anggrek banyak tersebar didaerah tropika, namun terdapat juga didaerah sirkumpolar hingga kewilayah tropika basah.
Anggrek merupakan salah satu tumbuhan yang hidup melekat atau menumpang pada pohon lain, namun anggrek bukan bunga parasit. Mereka bisa hidup berdikari meskipun menumpang pada pohon lain. Oleh sebab itu bunga anggrek banyak dijumpai di dalam hutan dengan melekat pada pohon-pohon besar maupun dilereng-lereng pegunungan.
5. Edelweiss Jawa
Edelweiss Jawa atau bunga Senduro (Anaphalis j4vanica) merupakan tumbuhan endemik zona alpina/montana di banyak sekali pegunungan tinggi nusantara. Edelweiss merupakan tumbuhan penggagas bagi tanha vulkanik muda di hutan pegunungan dan bisa memperthankan kelangsungan hidupnya di atas tanah yang tandus. Bunga edelweiss biasanya muncul diantara bulan April dan Agustus yang sangat disukai serangga.


6. Rafflesia Arnoldii
Padma raksasa dalam bahasa latin rafflesia merupakan tumbuhan benalu yang populer sebab ukuran bunga yang besar, bahkan merupakan bunga terbesar di dunia. bunga ini tumbuh dijaringan merambat dan tidak mempunyai daun sehingga tumbuhan ini tidak bisa berfotosintetis. Bunga ini pertama kali ditemukan pada tahun 1818 dihutan tropis Bengkulu (sumatera) didekat sungai Manna,Lubuk tapi, kabupaten Bengkulu Selatan oleh seorang pemandui dari Indonesia yang bekerja untuk Dr. Joseph Arnold dan dinamai menurut nama Thomas Stamford Rafdles, pemimpin expedisi itu.
Bunga ini terdiri dari 27 spesies dan dari semua spesiesnya ditemukan di Asia tenggara. Tumbuha ini tidak emmiliki batang, daun atau akar yang sesungguhnya. Rafflesia merupakan tumbuhan endoparasit pada tumbuhan merambat pada genus Tetratigma, menyebar haustoriumnya yang menyerupai akar didalam jaringan tumbuah merambat itu.
Karena tumbuhan Rafflesia Arnoldii merupakan jenis tumbuhan yang langka maka Oleh pemerintah Provinsi bengkulu bunga Rafflesia ditetapkan sebagai lambang provinsi.Dan emnetapkannya sebagai tumbuhan yang dilindungi dan harus dilestarikan.

7. Cendana
Cendana atau cendana wangi merupakan pohon penghasil kayu cendana dan minyak cendana. Kayunya dipakai sebagai rempah-rempah, materi dupa, aromaterapi, adonan parfum, dan wewangian lainnya. Di Indonesia kayu ini banyak ditemukan di Nusa Tenggara Timur, meskipun kini sanggup juga di temukan di banyak sekali wilayah Indonesia lainnya, menyerupai di Pulau Jawa, Sumatera dan Daerah lainnya.
Cendana merupakan tumbuhan benalu pada awal kehidupannya, kecambahnya memerlukan inang untuk mendukung pertumbuhannya, sebab akarnya sendiri tidak sanggup mendukung kehidupannya.



8. Damar
Pohon damar mempunyai nama latin Agathis dammara merupakan sejenis pohon anggota tumbuhan runjung dan merupakan tumbuhan orisinil Indonesia. Damar menyebar di Maluku, Sulawesi, Sumatera hingga ke Filipina. Di Jawa tumbuhan ini dibudidayakan untuk diambil getahnya. Getah ini dimanfaatkan untuk diolah menjadi kopal.
Pohon damar merupakan pohon yang besar dengan tinggi hingga 65m, dengan batang silindris diameter sekitar 1,5m. damar sanggup tumbuh secara alami di hutan hujan daratan rendah samapi ketinggian 1.200 mdpl. Namun untuk pembudidayaan tumbuhan ini ditanam di pegunungan.

Sumber http://sekolahmaning.blogspot.com

0 Response to "Jenis Jenis Tanaman Di Indonesia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel