iklan

√ Inilah 5 Cara Mematangkan Mangga Secara Cepat Dan Alami

Tak ada yang sanggup menolak kelezatan buah mangga yang sudah matang dan manis. Apalagi mangga juga sanggup diolah menjadi banyak sekali macam dessert yang menggugah selera, menyerupai mango sticky rice, es mangga kekinian, atau pie mangga. Wah, membayangkannya saja sudah menciptakan kita ngiler, ya!


Namun, bagaimana jikalau Anda mempunyai mangga muda yang masih belum matang? Tentu saja rasanya akan sangat kecut dan kurang nikmat jikalau diolah menjadi dessert. Anda tak perlu khawatir alasannya yaitu Bacaterus akan membuatkan 5 cara mematangkan mangga secara cepat dan alami. Cara ini sanggup pribadi dicoba untuk mematangkan mangga muda, lho.


Cara Mematangkan Mangga


1. Rendam di Dalam Beras


Tak ada yang sanggup menolak kelezatan buah mangga yang sudah matang dan bagus √ Inilah 5 Cara Mematangkan Mangga Secara Cepat dan Alami


Cara mematangkan mangga sebetulnya tidak sulit kok. Anda hanya perlu menyediakan satu bejana beras untuk mematangkan mangga. Beras tersebut nantinya tetap sanggup Anda masak menjadi nasi menyerupai biasa.


Cukup rendam buah mangga yang belum matang ke dalam beras, maka dalam waktu 2-3 hari mangga muda tersebut akan matang dan lebih empuk. Proses pematangan mangga akan lebih cepat jikalau Anda menutup baskomnya biar kedap udara.


Cara kerja beras untuk mematangkan buah yaitu dengan menahan gas etilen di sekitar mangga sehingga proses pematangannya jadi lebih cepat. Akan tetapi, Anda harus mengecek kondisi mangga setiap 6-12 jam sekali. Pasalnya, mangga yang terlalu matang dagingnya akan terasa lembek dan kurang legit.


2. Bungkus dengan Koran


Tak ada yang sanggup menolak kelezatan buah mangga yang sudah matang dan bagus √ Inilah 5 Cara Mematangkan Mangga Secara Cepat dan Alami


Tidak perlu repot-repot mencari cara mematangkan mangga dengan peralatan sederhana. Koran bekas di rumah Anda ternyata sanggup dipergunakan untuk mematangkan mangga muda. Sama menyerupai cara kerja beras, cara ini akan mematangkan mangga dengan menahan gas etilen yang dikeluarkan mangga biar mempercepat proses pematangannya.


Perlu Anda ingat, cara ini efektif untuk mematangkan buah mangga mentah. Akan tetapi, tetap beri sedikit ventilasi untuk udara biar mangga tidak berjamur. Apabila Anda ingin mematangkan mangga secara lebih cepat, letakkan buah-buahan lain untuk dibungkus bersama mangga, menyerupai alpukat, pisang, atau apel.


3. Kubur di Dalam Jerami


Tak ada yang sanggup menolak kelezatan buah mangga yang sudah matang dan bagus √ Inilah 5 Cara Mematangkan Mangga Secara Cepat dan Alami


Selau ada trik mematangkan mangga dan buah-buahan lain yang sanggup Anda coba di rumah. Jika Anda mempunyai jerami yang bersih, jerami tersebut juga sanggup dimanfaatkan untuk mematangkan mangga, lho. Bahkan, jerami sanggup menciptakan mangga matang lebih cepat ketimbang memakai beras. Berikut yaitu cara mematangkan mangga dengan menguburnya di dalam jerami:



  • Sediakan tumpukan jerami bersih.

  • Letakkan beberapa buah mangga mentah di atas jerami, kemudian tutupi buah mangga tersebut dengan jerami higienis lainnya.

  • Matikan lampu atau tutup sumber cahaya yang masuk ke dalam ruangan daerah Anda meletakkan jerami tersebut.

  • Cek secara bersiklus setiap 12 jam sekali alasannya yaitu biasanya mangga akan matang dalam waktu 2-3 hari.


4. Letakkan di Meja Dapur


Tak ada yang sanggup menolak kelezatan buah mangga yang sudah matang dan bagus √ Inilah 5 Cara Mematangkan Mangga Secara Cepat dan Alami


Pada dasarnya, mangga memang sanggup matang dalam waktu beberapa hari meskipun hanya disimpan di dalam suhu ruangan. Namun, jikalau Anda ingin mempercepat proses pematangan mangga, Anda harus memakai beberapa trik. Misalnya, menyerupai menempatkan mangga di ruangan dengan suhu yang sedikit lebih tinggi.


Mangga mentah sanggup diletakkan di meja dapur. Mengapa di dapur? Karena suhu di dalam dapur cenderung lebih tinggi dibanding suhu kamar. Hal tersebut dikarenakan di dapur biasanya terdapat kompor yang jikalau dinyalakan akan meningkatkan suhu ruangan. Selain itu, penempatan kulkas di dalam dapur juga sanggup menyumbangkan suhu panas.


Suhu yang tinggi akan menciptakan mangga matang lebih cepat. Namun, usahakan biar jarak antara mangga dengan medan penghasil panas (kompor atau bab belakang kulkas) agak berjauhan biar mangga tidak cepat membusuk.


5. Manfaatkan Daun Ketela Pohon


Tak ada yang sanggup menolak kelezatan buah mangga yang sudah matang dan bagus √ Inilah 5 Cara Mematangkan Mangga Secara Cepat dan Alami

* sumber: pengetahuanbahanpanganb.blogspot.com


Mangga yang matang tentu lebih enak dimakan. Sayangnya, proses pematangan mangga ini kadang membutuhkan waktu lebih dari 3 hari. Adakah cara dan trik mematangkan mangga yang lebih cepat? Tentu saja ada.


Kali ini, Bacaterus akan menawarkan panduan cara menciptakan mangga matang dengan memakai daun ketela pohon. Daun ketela pohon akan mematangkan mangga mentah hanya dalam waktu 1-2 hari saja. Berikut yaitu panduan untuk mempercepat proses mematangkan mangga dengan memakai daun ketela pohon:



  • Masukkan mangga mentah ke dalam wadah tertutup bersama dengan beberapa lembar daun ketela pohon.

  • Setelah tertutup rapat, simpan wadah tersebut dalam suhu ruangan.

  • Setelah 12 jam, periksa kondisi mangga apakah sudah matang atau belum. Jika belum matang, tutup kembali wadah tersebut dan cek setiap 12 jam sekali.


Usahakan untuk mengecek kondisi mangga setiap 12 jam sekali. Jangan membiarkan mangga berada terlalu usang di dalam wadah tersebut biar tidak membusuk.


Cara Mendeteksi Mangga yang Sudah Matang


Tak ada yang sanggup menolak kelezatan buah mangga yang sudah matang dan bagus √ Inilah 5 Cara Mematangkan Mangga Secara Cepat dan Alami


Setelah mengetahui banyak sekali cara mematangkan mangga secara alami, rasanya kurang afdol jikalau Bacaterus tidak menawarkan panduan untuk mendeteksi mangga yang sudah matang. Pasalnya, tidak semua orang sanggup membedakan mangga mentah, setengah matang, dan yang sudah benar-benar matang. Berikut yaitu poin-poin yang sanggup Anda perhatikan untuk mendeteksi tingkat kematangan mangga:



  • Cium Aroma Mangga


Mangga yaitu salah satu buah yang mempunyai aroma yang sangat berpengaruh walaupun tidak sepekat durian. Mangga yang sudah matang mempunyai aroma yang harum dan manis. Sementara mangga mentah cenderung tidak mengeluarkan aroma apapun. Dekatkan mangga ke hidung Anda, jikalau masih sulit menemukan aroma yang bagus dan khas, mungkin mangga tersebut belum matang.



  • Tekan Mangga Secara Perlahan


Mangga yang masih sangat keras biasanya yaitu mangga muda (pencit) yang rasanya masih sangat kecut. Anda sanggup mendeteksi tingkat kematangan mangga dengan cara menekan kulit bab luar buah secara perlahan. Apabila ketika ditekan kulitnya terasa empuk dan meninggalkan lekuk, kemungkinan besar mangga tersebut sudah matang dan siap untuk dikupas.



  • Warna Bukan Jaminan


Apakah Anda mempunyai aliran bahwa mangga yang matang warnanya harus kuning atau merah terang? Tidak semua mangga sanggup diukur tingkat kematangannya dari warna kulit luarnya. Ada mangga yang warnanya hijau tetapi daging buahnya sudah bagus dan matang.


Sementara itu, ada mangga yang warnanya kekuningan tetapi masih mentah. Oleh alasannya yaitu itu, kami menghimbau Anda untuk selalu mengandalkan indera penciuman dan perasa (dengan menekan kulitnya) ketika ingin mendeteksi kematangan mangga.


Nah, itulah serba-serbi cara mematangkan mangga dan panduan untuk mendeteksi tingkat kematangan mangga. Buah tropis yang satu ini sanggup ditemukan dengan sangat gampang di Indonesia.


Namun, Anda harus cermat dalam menentukan mangga alasannya yaitu tidak semua penjual menjajakan mangga yang sudah matang dari pohon. Jika mangganya masih mentah, Anda sanggup memakai cara-cara di atas untuk mempercepat proses pematangannya.


Sedikit embel-embel isu bagi Anda, mangga yang mentah tidak disarankan untuk disimpan di dalam kulkas. Suhu hambar di dalam kulkas hanya akan memperlambat proses pematangan buah tersebut. Jangan lewatkan juga artikel Cara Memilih Mangga yang Manis biar tidak salah beli.


Tapi, kalau Anda lebih suka menyantap mangga muda dengan rasa yang sedikit masam dan kecut, sanggup temukan pandangan gres Olahan Mangga Muda yang menciptakan rasa mangga muda lebih enak dan nikmat.



Sumber https://bacaterus.com

0 Response to "√ Inilah 5 Cara Mematangkan Mangga Secara Cepat Dan Alami"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel