iklan

Kunci Balasan Ekonimi Esis Kelas X Bab3

BAB 3
A.
  1. A
  2. C
  3. A
  4. A
  5. B
  6. B
  7. D
  8. C
  9. D
  10. A

B.
1. Konsumsi yaitu suatu aktivitas yang bertujuan mengurangi atau menghabiskan faedah suatu benda (barang dan jasa) dalam rangka pemenuhan kebutuhan.

2. Tujuan konsumsi yaitu untuk memenuhi kebutuhan hidup secara langsung.

3. Perbedaan kepuasan total dengann kepuasan marjinal yaitu sebagai berikut.
            Kepuasan total diperoleh konsumen dalam mengonsumsi sejumlah barang atau jasa tertentu secara keseluruhan. Sedangkan, kepuasan marjinal diperoleh konsumen dari setiap suplemen barang atau jasa yang dikonsumsinya.

4. Perbedaan pendekatan kardinal dan ordinal dalam menganalisis sikap konsumen yaitu sebagai berikut.
            Pendekatan kardinal dalam analisis konsumen didasarkan pada perkiraan bahwa tingkat kepuasan yang diperoleh konsumen dari konsumsi suatu barang sanggup diukur atau dikuantifikasi dengan satuan tertentu, ibarat uang, jumlah, atau buah. Sedangkan, pendekatan ordinal menciptakan peringkat (rangking) atau urutan kombinasi barang yang dikonsumsi.


5. Fungsi produksi yaitu sebuah fungsi yang menunjukkan korelasi antara input dengan output yang sanggup dihasilkan oleh kombinasi input tersebut. Secara matematis, fungsi produksi sanggup ditulis dalam persamaan berikut ini.
Q = f (C,L,R,T)
Di mana:
Q (Quantity)                = jumlah barang yang dihasilkan
F (Function)                = simbol persamaan fungsional
C (Capital)                  = modal
L (Labor)                    = tenaga kerja
R (Raw material)        = materi baku
T (Technology)            = teknologi
Fungsi produksi yang disusun dalam persamaan matematis di atas mengandung arti bahwa output (barang dan jasa) yang dihasilkan merupakan jawaban dari input yang diproses. Jika komposisi salah satu input diubah, maka outputnya juga akan berubah. Output akan berubah secara proporsional dengan besar kecilnya perubahan input.

6. Tujuan produksi secara umum yaitu memenuhi kebutuhan insan untuk mencapai kemakmuran.

7. Pembagian faktor produksi yaitu sebagai berikut.
1.      Faktor produksi alam
Faktor produksi alam yaitu semua kekayaan yang terdapat pada semesta alam yang sanggup dipakai dalam proses produksi. Faktor produksi alam antara lain tanah, air, sinar matahari, udara, dan barang tambang.
2.      Faktor produksi tenaga kerja
Faktor produksi tenaga kerja yaitu faktor produksi insani yang secara eksklusif menjalankan aktivitas produksi. Dalam faktor produksi tenaga kerja ini terkandung unsur fisik, pikiran, dan kemampuan yang dimiliki oleh tenaga kerja.
3.      Faktor produksi modal
Faktor produksi modal yaitu benda-benda hasil produksi yang dipakai untuk proses produksi barang dan jasa lain. Fungsinya yaitu sebagai penunjang dalam mempercepat kemampuan dalam berproduksi.
4.      Faktor produksi keahlian
Faktor produksi keahlian yaitu keterampilan seseorang dalam memanfaatkan faktor produksi dalam rangka menghasilkan barang dan jasa.

8. Kurva isokuan yaitu kurva yang menunjukkan semua kombinasi input yang akan menghasilkan output dalam jumlah yang sama.

9. Hukum produk marjinal yang semakin menurun menyatakan bahwa apabila faktor produksi terus ditambah, hasil produksi akan meningkat hingga titik tertentu, namun kemudian peningkatan itu semakin menurun. Contohnya penambahan satu pegawai sanggup meningkatkan jumlah hasil jagung. Sekarang baagimana kalau jumlah pegawai terus ditambah menjadi tiga, sementara luas lahan dan peralatan lain tetap. Mula-mula, penambahan jumlah pegawai akan tetap meningkatkan hasil panen jagung. Namun, kalau pekerja terus ditambah, lahan jagung menjadi sesak oleh pekerja dan hasil kerja mereka tidak maksimal. Peningkatan hasil jagung akan mulai menurun.

10. Circulair Flow Diagram menggambarkan interaksi antarpelaku ekonomi, yaitu rumah tangga konsumsi (RTK), perusahaan, pemerintah, dan masyarakat luar negeri dalam suatu perekonomian. RTK membeli barang dan jasa dari perusahaan. Sebaliknya, perusahaan membeli faktor produksi dari RTK. Perusahaan dan RTK membayar pajak kepada pemerintah. Selanjutnya, pemerintah memakai pajak tersebut untuk membangun sarana dan prasarana demi kepentingan perusahaan dan RTK. Ketiga pelaku ekonomi di dalam negeri ini selanjutnya berinteraksi dengan masyarakat luar negeri melalui aktivitas ekspor-impor.



Sumber http://vostfourth.blogspot.com

0 Response to "Kunci Balasan Ekonimi Esis Kelas X Bab3"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel