iklan

Pengertian, Dan 3 Bab Indera Pendengaran Beserta Fungsinya Berdasarkan Para Jago Biologi Secara Lengkap

Pengertian, dan 3 Bagian Telinga Beserta Fungsinya Menurut Para Ahli Biologi Secara Lengkap – Telinga merupakan salah satu alat indera insan yang berfungsi untuk mendengar. Pada kesempatan kali ini disini akan mengulas wacana Telinga secara lengkap. Oleh sebab itu marilah simak ulasan yang ada dibawah berikut.




Pengertian Telinga 


Telinga yakni suatu Organ badan insan yang memiliki fungsi sebagai indra pendengaran dan organ yang menjaga keseimbangan pada badan manusia. Telinga yakni suatu organ yang berperan terhadap pendengaran kita akan bunyi atau bunyi, hal ini sanggup terjadi sebab indera pendengaran memiliki reseptor khusus yang fungsinya untuk mengenali getaran suara. Namun Telinga memiliki suatu batasan frekuensi bunyi yang sanggup didengar, yaitu yang frekuensinya 20 Hz – 20.000 Hz. 



Bagian-Bagian Telinga 


Secara luas indera pendengaran terbagi menjadi 3 kepingan besar, yaitu Telinga Luar, Telinga Tengah, dan Telinga dalam. Masing – masing kepingan tersebut memiliki fungsi spesifik terhadap tugasnya masing – masing. Berikut ini klarifikasi untuk kepingan – kepingan indera pendengaran tersebut :


 Bagian Telinga Beserta Fungsinya Menurut Para Ahli Biologi Secara Lengkap Pengertian, dan 3 Bagian Telinga Beserta Fungsinya Menurut Para Ahli Biologi Secara Lengkap



1. Telinga Luar

Telinga kepingan luar terdiri atas daun indera pendengaran (aurikula), kanal telingan luar (analis auditoris eksternal), dan gendang indera pendengaran (Membran Timpani) yang membatasinya dengan indera pendengaran dalam. Daun Telinga terbentuk oleh susunan tulang rawan yang memiliki sebuah bentuk khas untuk mendukung fungsinya, yakni sebagai memusatkan gelombang bunyi yang masuk ke suatu kanal telinga.

Saluran Telinga Luar, dalam kepingan ini terdapat sebuah kelenjar sudorifera yakni sebuah kelenjar yang sanggup menghasilkan serumen (bahan seolah-olah lilin yang sanggup mengeras). Serumen ini menjaga indera pendengaran biar tidak banyak kotoran dari luar yang masuk ke dalam, juga sanggup menghindari masuknya serangga sebab memiliki amis tidak sedap. Membran Timpani yakni suatu kepingan yang fungsinya untuk menangkap sebuah gelombang suara. 



 2. Telinga Tengah
Telinga tengah yakni suatu rongga yang berisi udara dan menjaga suatu tekanan udara tetap seimbang. Dinding dari kepingan ini dilapisi oleh suatu sel epite. Fungsi Utamanya yaitu untuk meneruskan Suara yang diterima dari Telinga Luar ke Telinga Bagian Dalam. Pada indera pendengaran kepingan tengah ini terdapat suatu Tuba Eustachius, yaitu suatu kepingan yang menghubungkan indera pendengaran dengan sebuah rongga verbal (faring). Tuba Eustachius Ini memiliki fungsi untuk menyeimbangkan sebuah tekanan udara antara indera pendengaran kepingan luar dengan indera pendengaran kepingan tengah.


Telinga kepingan tengah terdiri atas 3 tulang pendengaran utama yaitu Maleus(Martil), Incus(Landasan), dan Stapes(sanggurdi), Pada Tulang – Tulang ini saling berafiliasi dengan satu sama lain (dihubungkan oleh sendi) sebab adanya sendi maka tulang – tulang ini sanggup bergerak. Rangkaian 3 Tulang yang sedemikian rupa ini memiliki fungsi untuk mengirimkan suatu getaran yang diterima dari membran timpani pada indera pendengaran luar menuju ke sebuah Jendela Oval Telinga Dalam.  Tuba Eustachius ini selalu menutup kecuali dikala menelan dan menganga. Oleh sebab itu dikala kita berada dalam ketinggian tertentu, apabila indera pendengaran berdengung, kita dianjurkan untuk menelan, sebab menelan sanggup membuka tuba eustachius yang akan menyeimbangkan kembali tekanan udara.




 3. Telinga Dalam
Telinga Dalam terdiri atas kepingan tulang dan kepingan membran. Telinga dalam disebut juga sebagai labirin sebab bentuknya. Labirin tulang (Labirin Osea) yaitu suatu rongga yang terbentuk pada tonjolan tulang pelipis yang berisikan sebuah cairan perilimfe. Labirin Membran terletak pada suatu kepingan yang sama dengan kepingan labirin tulang, namun tempatnya lebih dalam dan dilapisi oleh suatu sel epitel serta berisi sebuah cairan endolimfe. 

 Labirin Tulang indera pendengaran dalam terbagi menjadi 3 bagian, yaitu sebagai berikut :


  • Koklea (Mempunyai fungsi ke pendengaran)

  • Vestibuli (Mempunyai fungsi untuk menjaga keseimbangan)

  • Kanalis Semisirkularis (Fungsinya lebih ke menjaga keseimbangan)  



Fungsi Telinga 


1. Telinga Sebagai Pengatur Keseimbangan

Terdapat suatu struktur khusus pada suatu organ indera pendengaran yang fungsi nya untuk mengatur dan menjaga keseimbangan tubuh. Organ ini berafiliasi dengan sebuah saraf otak ke VIII yang fungsinya untuk dalam menjaga keseimbangan dan untuk mendengar.



2. Telinga Sebagai Indera Pendengaran

Telinga memiliki fungsi sebagai indera pendengaran apabila terdapat sebuah gelombang bunyi yang masuk melalui indera pendengaran luar yang akan diterima oleh otak melalui sebuah proses terjadinya pendengaran.



Telinga yang fungsi sebagai alat indera untuk mendengar indera pendengaran juga berfungsi untuk keseimbangan badan manusia. Oleh sebab itu indera pendengaran memiliki kiprah yang sangat penting bagi manusia.



Itulah ulasan wacana Pengertian, dan 3 Bagian Telinga Beserta Fungsinya Menurut Para Ahli Biologi Secara Lengkap. Semoga apa yang diulas diatas bermnafaat bagi pembaca. Sekian dan terimakasih.



Baca Juga :



Sumber aciknadzirah.blogspot.com

0 Response to "Pengertian, Dan 3 Bab Indera Pendengaran Beserta Fungsinya Berdasarkan Para Jago Biologi Secara Lengkap"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel