iklan

9 Perbedaan Web Dan Blog

9 Perbedaan Web dan Blog - Web dan blog sekarang berkembang sangat pesat berkat perkembangan jaringan komputer dan teknologi internet. Hal ini menciptakan proliferasi situs web dan juga blog, baik itu pribadi, perorangan maupun perusahaan atau perusahaan.

Pada dasarnya blog dan web mempunyai kesamaan, yaitu halaman yang bisa diakses oleh siapa saja, dan berisi banyak sekali konten yang tentunya harus informatif dan sanggup diandalkan.

Namun, secara teoritis juga dalam praktiknya, ada cukup sedikit perbedaan antara blog dengan web. Apa perbedaan antara web dan blog?

Berikut ialah beberapa perbedaan antara web dan blog:

 Web dan blog sekarang berkembang sangat pesat berkat perkembangan jaringan komputer dan tekno 9 Perbedaan Web dan Blog
9 Perbedaan Web dan Blog


1. Web memakai official dan paid doman, sedangkan blog gratis
Perbedaan pertama antara web dan juga blog ialah dalam hal doman yang digunakan. Sebagian besar, dan nampaknya hampir semua web memakai domain resminya dan juga berbayar, menyerupai .com, .co.uk, .id, dan sebagainya.

Baca juga: Nama nama domain negara

Biasanya, web yang memakai domain berbayar ialah web yang telah mengatakan keseriusannya dalam memakai halaman. Sedangkan blog, biasanya hanya memakai domain blog, menyerupai blogspot, blogger, wordpress, dan sebagainya.

Baca juga: Pengertian DNS dan Fungsinya

2. Konten dari blog sangat beragam, sedangkan web fokus pada satu topik
Biasanya, isi sebuah blog sangat beragam. Ini bisa dilihat dari track record atau timeline blog. Biasanya sebuah blog mempunyai banyak kategori, dan setiap kategori terdiri dari banyak topik dan konten. Berbeda dengan blog, web biasanya hanya berisi topik tertentu.

Misalnya, web perihal info sepak bola, maka web hanya menyajikan info perihal sepak bola saja, dan tidak menyajikan konten atau tema dan kategori lainnya. Terutama di situs-situs perusahaan yang mengandung sedikit konten dan hanya fokus pada informasi perusahaan.

3. Gaya bahasa dan goresan pena blog santai sementara website lebih formal
Dari segi gaya bahasa yang digunakan, kita juga bisa melihat perbedaan antara web dan blog. Blog biasanya memakai bahasa kasual dan informal. Sebagian besar blog memakai bahasa yang dipakai setiap hari, dan gunakan kata "I" sebagai penulis konten atau blog, dan "Anda" untuk pembaca.

Baca juga:
Fungsi Web Hosting
Pengertian Web

Berbeda dengan blog, tentu isi dari web memakai contoh juga dengan struktur bahasa yang lebih terstruktur dan cenderung bersifat formal. Selain itu, biasanya web tidak memakai kata ganti orang, sehingga nampaknya sangat formal dan universal, sehingga bisa dibaca juga dipahami oleh banyak orang.

4. Blog mempunyai tim editor yang jauh lebih kecil daripada web
Jika kita melihat dalam hal isi atau konten, maka antara blog dan web tentu saja mempunyai tim editor yang harus terampil dalam memperbaiki struktur konten, jadi elok untuk dibaca.

Jika kita melihat tim editor, maka sudah niscaya blog tersebut mempunyai tim editor yang kurang dari web. Padahal, blog mungkin tidak memakai tim editor, jadi eksklusif dari penulis dan lalu diposting ke blog. Inilah yang membedakan kualitas penulisan antara blog dengan website.

5. Blog tidak membutuhkan tim IT, sementara web membutuhkan tim IT yang kompleks
Tim IT juga mempunyai perbedaan antara blog dan juga web. Blog mempunyai beberapa tim IT, atau bahkan tidak memakai tim IT sama sekali, alasannya ialah blog biasanya mempunyai setting yang jauh lebih sederhana daripada web.

Kebalikan dari blog, Web biasanya membutuhkan beberapa orang yang tergabung dalam tim IT, sehingga web akan berjalan lebih optimal dan baik.

6. Blog tidak memerlukan kemampuan bahasa pemrograman untuk berbagi web, sementara web dibutuhkan
Perbedaan antara web dan blog ialah keterampilan untuk berbagi halaman web dengan memakai bahasa pemrograman.

Bagi anda yang suka posting posting di blog, maka anda tidak perlu khawatir jikalau anda tidak mengerti perihal bahasa pemrogramannya, alasannya ialah intinya blog tidak perlu penguasaan bahasa pemrograman untuk bisa mengelolanya.

Ini berbanding terbalik dengan web, dimana pengembang web harus mengerti bahasa pemrograman dan dasar-dasar pengelolaan database atau DBMS, alasannya ialah biasanya web dibentuk dengan memakai server, dan membutuhkan bahasa pemrograman yang memungkinkan pengunjung mengakses konten. di dalam server tanpa hambatan.

7. Blog untuk kebutuhan pribadi, sedangkan web untuk kepentingan umum
Blog juga lebih banyak dipakai untuk keperluan pribadi, menyerupai curahan, emosi, hobi, untuk menguangkan atau memakai blog untuk menuai laba bisnis.

Berbeda dengan web yang lebih banyak dipakai untuk keperluan universal, menyerupai portal berita, informasi perusahaan dan organisasi, pemerintah dan banyak lagi, yang isinya lebih diarahkan ke informasi umum, dan tidak berorientasi uang.

8. Dilihat dari isi konten, jikalau blog berpotensi copy dan paste web lebih ahli dan original
Beberapa blog mempunyai konten dan terlihat menyerupai dengan web. Namun, dari sisi konten biasanya konten web bisa diperhitungkan lebih baik dari pada di blog.

Blog mempunyai potensi copy paste yang sangat tinggi, begitu pula potensi penulisan ulang yang tinggi. Sementara sebuah web, yang bertindak secara profesional, kebanyakan memakai prinsip dasar jurnalisme, serta prinsip profesionalisme yang lebih profesional.

9. Perbedaan dalam fitur komentar pada halaman, blog tersedia ketika web tidak tersedia
Hal lain yang cukup membedakan antara blog dan web yang mencolok ialah bidang komentar. Biasanya, blog mempunyai fitur komentar pada setiap halaman postingnya, dimana pengunjung dan pemilik blog atau penulis bisa melaksanakan diskusi dengan cara mengomentari konten atau konten di blog.

Sedangkan web tentu saja merupakan kebalikan dari sebuah blog, yang tidak mempunyai fitur komentar, dan terbatas hanya menyediakan informasi tanpa umpan balik timbal balik dari pembaca.

Itulah beberapa hal yang membedakan blog dan juga web. Pada dasarnya baik blog dan web, keduanya memberi banyak manfaat bagi pengguna internet, alasannya ialah mengandung banyak informasi, baik umum maupun khusus yang tentunya akan menambah wawasan setiap pengguna internet.
Sumber http://www.pintarkomputer.org/

0 Response to "9 Perbedaan Web Dan Blog"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel